Diafragma-Rasa-Logo-2

filsafat alam semesta.

/ Wednesday 15 November 2017 /
setelah Dunia Sophie, kali ini saya kembali menggeluti sebuah bacaan fiksi bertema filsafat karya penulis Indonesia, Remy Sylado pada Perempuan Bernama Arjuna. saya akui bahwa saya jatuh cinta pada dunia filsafat ketika saya membaca Dunia Sophie yang sedemikian rupa luar biasa, ditulis oleh seorang cendekia asal Norwegia. Dunia Sophie berhasil merenggut pikiran dan akal sehat saya sampai jauh ke atas sana, alam semesta dan segala isinya. sebelum terjun dalam ranah filsafat, sebelumnya saya memang sudah memiliki ketertarikan pada alam semesta dan astronomi. bukankah sudah pernah saya bilang sebelumnya kalau saya pernah punya mimpi untuk kerja di NASA? itu salah satunya.

tapi, NASA merupakan sebuah organisasi yang mengharuskan saya untuk menjadi ahli fisika atau minimal jago matematika. ah, bagaimana bisa saya mencapai logika yang lebih tinggi hakikatnya bagi umat manusia? tidak, saya tidak ahli fisika, apalagi matematika dan kimia. yang saya tahu cuma membaca, merasa dan berpikir sedikit menggunakan logika. tapi saya sudah kepalang jatuh cinta pada misteri alam semesta, sejak pertama kali saya meneropong rasi bintang orion pada sebuah perkemahan ilmiah, dan sejak saya sadar bahwa bintang bisa meramal hidup manusia. saya jatuh cinta, seperti Sagan mencintai kosmosnya.

kini saya kembali jatuh cinta. 
pada awalnya saya mengira bahwa filsuf hanyalah seorang pemikir logika. bahwa ilmu-ilmu yang tengah kita pelajari hingga saat ini merupakan hasil dari pemikiran seseorang yang dipenuhi oleh rasa penasaran. namun tenyata, saya tidak sepenuhnya benar. filsafat mengkaji lebih jauh dari sekedar permasalahan dunia dan etika. filsafat juga tidak melulu membahas manusia dan perilakunya. maka, benar jika dikatakan bahwa filsafat adalah ilmu dari segala ilmu yang ada di dunia. sungguh, bahwasanya filsafat yang membawa alam semesta sampai pada dunia nyata. melalui filsafat ini pula saya juga jadi jatuh cinta pada kebudayaan Romawi, apalagi Yunani. dari dulu, saya seorang pengagum mitologi Yunani dan kaum gipsi, namun bagi saya sekarang Yunani punya keindahan yang berbeda, terutama Athena yang dipenuhi oleh orang-orang cerdik cendekia pada zaman keemasannya.

ah, Arjuna, saya jatuh cinta lagi setelah Sophie membawa saya dalam dunia paralel imaji.
terima kasih Arjuna, telah membawa kembali filsafat dalam kehidupan sehari-hari.

0 comments:

Post a Comment

K E Y W O R D S

A R C H I V E

 
Copyright © 2010 ムーン, All rights reserved
Design by NKYuliandani. Powered by Blogger